#TEMANBELAJARUTBK2020

Namaku koharudin, mungkin sudah ada beberapa yang tau siapa aku, bahkan sering bertatap muka secara langsung. Aku bukan siapa – siapa, aku bukan anak UI Bukan maba UGM apalagi maba ITB atau yang lainnya. Aku hanya seseorang yang pernah merasakan betapa pahitnya tidak diterima di jalur masuk PTN seperti PMDK – PN, SNMPTN, JALUR PRESTASI, SBMPTN, dan juga UJIAN MANDIRI. Betapa putus asanya ditolak POLINES, POLBAN, UGM, UI, UNY, dan UNNES.

Tahun ini, tahun 2019 merupakan tahun yang bener – bener membuatku merasa satu – satunya manusia yang paling hancur di muka bumi ini “lebay banget” wkwk. Tapi memang begitu kenyataanya banyak kegagalan yang aku alami tahun ini dan kegagalan yang paling menyakitkan adalah ketika aku ditolak oleh PTN impianku!. Rasanya hidup ini sudah tidak ada gunanya lagi, ah! tapi aku tidak mau berlama – lama berada diposisi yang paling aku benci ini. Aku teringat kembali akan apa yang dulu aku cita – citakan dan menjadi nazarku pas masih duduk dibangku SMK kelas 12. “Kalo aku bisa diterima di PTN impianku tahun ini, aku berniat untuk membantu proses sekaligus menjadi bagian dari perjuangan adik – adik kelas ku untuk meraih impiannya diterima di PTN yang mereka inginkan”. Tapi niat baiku ini tidak selalu berakhir baik pula, Aku sendiri gagal memperjuangan mimpiku untuk diterima di PTN impianku. Mungkin allah belum merestui niat baiku ini kali ya.

Singkat cerita, aku tidak ingin kamu mengalami kegagalan yang sama sepertiku, maka dari itu aku memutuskan untuk mengadakan “Sharing Session” sebenernya sudah sejak beberapa bulan yang lalu aku ingin mengadakan ini cuman berhubung saat itu aku masih ragu, masih bingung mau aku isi apa sharing session ini, akhirnya aku menundanya hingga beberapa minggu kemarin. Tujuan ku mengadakan sharing session yaitu agar kamu tidak mengalami hal yang sama sepertiku, supaya kamu tidak merasakan gimana rasanya ditolak SBMPTN maupun jalur masuk kuliah yang lain, gimana rasanya tidak diterima di PTN impianmu. “Bukannya gagal itu juga bisa membuat diri kita menjadi lebih baik lagi ya ka? Dengan cara kita belajar dari kegagalan yang kita alami”. Bener... bener banget! Tapi kalo seandanya kamu bisa langusng meraih mimpimu untuk diterima di PTN impianmu tanpa harus mengalami kegagalan kenapa ngga gitu loh?! Toh kamu kan bisa belajar dari kegagalan orang lain (dari aku misalnya) sama aja kan!


Selain itu aku juga mengundang mereka - mereka yang berhasil meraih PTN impianya dan aku menyebutnya guest stars. Tujuannya supaya kita tau, kita ikut merasakan perjuangan dia untuk diterima di PTN impiannya, biasanya kan kita tau mereka berhasil cuman dari sosmed doang cuman karena lihat foto - foto mereka di IG, di FB maupun Story WA mereka. Tapi kita ngga pernah tau prosesnya dia perjuangannya dia sampe lolos SBMPTN dan diterima di UI misalnya seperti apa. Yang bisa kita liat cuman wah keren banget kakak ini pake jakun UI, Wah hebat banget kakak itu bisa lolos FK UGM. Padahal yang kita butuhkan yang kita perlu tau kan prosesnya dia perjuangannya dia bukan kesuksesan bukan juga keberhasilan dia.

Bukan hanya mereka - mereka yang berhasil yang aku undang untuk jadi guest stars di sharing session, tetapi mereka - mereka yang gagal di terima di PTN dan pernah merasakan kegagalan tentunnya juga aku undang. Agar kita bisa tau apa yang membuat dia tidak lolos apa yang membuat dia gagal, sekalian kita belajar dari kegagalan orang lain. Sehingga kita istilahnya bisa mewaspadai apa yang akan terjadi terhadap diri kita nantinya. yang nentuin yang ngarahin kita mau melangkah kemana kan diri kita sendiri bukan orang lain yang ngarahin.

Nah sharing session ini yang menjadi cikal bakal inspirasiku untuk mengadakan #temanbelajarutbk2020. Berdasarkan pengalamanku dalam menghadapi SBMPTN tahun ini, biasanya yang menjadi permasalahan dan sering dikeluhkan, menurut diri aku pribadi adalah bukan hanya sekedar soal - soal UTBK yang Higher Order Thinking skills (HOTS) tetapi gimana cara  membagi waktu, mengatur peraturan waktu yang baik, manajemen energi yang efektif supaya tubuh kita tidak cepat merasa lelah pada saat belajar UTBK. Kalo urusan soal - soal yang HOTS mah asal kita mau belajar aja kuncinya pasti kita bisa mengerjakannya dan urusan bener atau salah tergantung seberapa banyak seberapa kuat pemahaman materi kita.

Selain itu biasanya kalo anak kelas 12 istilahnya calon maba nih, lebih tertarik untuk mencari strategi kaya "apa sih yang harus kita lakukan untuk menjawab soal yang ini?", "gimana sih supaya cepet memahami materi ini?". Padahalkan bukan itu yang sebenarnya kita butuhkan, melainkan adanya target yang harus kita capai pada saat setiap belajar UTBK. Justru kalo cuman sibuk nyari - nyari strategi belajar doang mah kapan selesainya kapan mulainya banyak banget orang yang ngasih referensi strategi belajar ini itu yang ada kamu bingung sendiri mau pake yang mana.

Di #temanbelajarutbk2020 ini aku akan berusaha semaksimal mungkin, bekerja sekeras sekuat yang aku bisa agar aku bisa mewujudkan mimpiku untuk diterima di PTN impianku dengan caraku, pengetahuanku dan pemahamanku yang kadang bener kadang ngga wkwk, lebih dari itu aku juga berharap bisa membantu kamu semua yang sedang membaca tulisanku ini untuk meraih PTN impianmu. Dengan cara belajar dari kegagalan, memperbaiki kesalahan yang aku lakukan di tahun ini. Serta jika kamu mau menjadi bagian dari #temanbelajarutbk2020 kamu harus siap aku atur, aku arahkan dan akan aku pantau perkembangan belajar kamu setiap minggunya. Kamu juga harus siap aku didik untuk belajar mati - matian, karena diluar sana banyak orang - orang yang lebih hebat lebih pinter dari kita. Maka dari itu usaha kita perjuangan kita harus lebih keras lagi dari pada mereka. Pinter aja ngga cukup, terkadang mereka yang pinter aja bisa gagal, apalagi kita yang biasa - biasa aja!.

Mungkin hanya ini yang bisa aku gambarkan dan jelaskan mengenai #temanbelajarutbk2020 dan untuk informasi "cara daftarnya gimana?", "syaratnya apa aja?", "proses pendaftarannya seperti apa?" menyusul ya.. kalo dijelasin disini juga kepanjangan nanti postingannya:v. Terima kasih dan sampai jumpa di tulisan - tulisanku yang ngga penting ini! ingat "tidak ada orang sukses tanpa usaha dan kerja keras".
Salam Sukses
____________________
____________________
#temanbelajarutbk2020

Komentar

  1. God is always with his servants who rely on his name sis 😊

    BalasHapus
  2. Kak makasih ya motivasinya, bikin aku tambah semangat kak

    BalasHapus
  3. Kita sama dek. Dan saya bangga denga kerja kerasmu. Sujses selalu berniat Baik. Allah bersamamu😊

    BalasHapus
  4. Terimakasih motivasinya kak, saya sangat salut atas kerja keras kakak😊

    BalasHapus
  5. Terimakasih banget kak atas motivasi kak,aku salut sama Kaka atas perjuangan kama

    BalasHapus
  6. Terimakasih untuk motivasinya semoga sukses untuk kita semua:)(

    BalasHapus
  7. Terimakasih untuk motivasinya kak:)

    BalasHapus
  8. Motivasi untuk pejuang SBMPTN 2020 💪 ,terima kasih kk

    BalasHapus
  9. makasih kak motivasinya bermanfaat banget buat aku yg mau cari pengalaman da wawasan😊

    BalasHapus
  10. Makasih kak motivasinya, sangat membangun, semoga sukses selalu kak:))

    BalasHapus
  11. Makasih kak sangat memotivasi sekali

    BalasHapus
  12. Makasih kak sangat memotivasi sekali

    BalasHapus
  13. Makasih kak sangat memotivasi sekali

    BalasHapus
  14. Makasih kak sangat memotivasi sekali

    BalasHapus
  15. Makasih kak sangat memotivasi tapi aku blm yakinbisa masuk fakultas favoritku🙁

    BalasHapus
  16. Semoga aku tahun 2020 bbsa masuk PTN impianku. Aamiin. Makasih ka motivasi nya. Aku semakin yakin, kalo usaha ga kan mengkhianati hasil.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bu, Maaf Aku Kalah Lagi #CeritaZenius

Tulisan Yang Ngga Seharusnya Ditulis